Organisasi Internasional

Standar

Organisasi Internasional adalah suatu perhimpunan negara-negara yang merdeka dan berdaulat yang bertujuan untuk mencapai kepentingan bersama melalui organ-organ dari perhimpunan itu sendiri. Organisasi Internasional itu sendiri di bagi-bagi berdasarkan kepentingannya masing-masing. Yaitu ada Organisasi Internasional berdasarkan regional atau kewilayahan, berdasarkan objek dan keterbukaannya. Berikut ini adalah Macam-macam Pengelompokan Organisasi Internasional berdasarkan wilayah, objek dan keterbukaanya.

Pertanyaan :

  1. Kelompokkan Organisasi Internasional berdasarkan :
    1. Regional
    2. Terbuka
    3. Objeknya

Jawab :

A. Berdasarkan Regional

  • ASEAN ( Association of South East Asian Nation Nation)
ASEAN adalah organisasi yang bertujuan mengukuhkan kerja sama regional negara-negara di Asia Tenggara. ASEAN didirikan pada tanggal 8 Agustus 1967 di Bangkok oleh lima negara pendiri ASEAN, yaitu Indonesia, Malaysia, Filipina, Singapura, dan Thailand. Pada perkembangannya, lima negara Asia Tenggara lainnya yaitu Brunei Darussalam, Kamboja, Laos, Myanmar, dan Vietnam ikut bergabung dalam ASEAN. ASEAN dalam menjalankan tugas-tugasnya dengan melibatkan komite di berbagai bidang.
  • AFTA ( ASEAN Free Trade Area Area)

AFTA atau kawasan perdagangan bebas ASEAN adalah forum kerja sama antarnegara ASEAN yang bertujuan menciptakan wilayah perdagangan bebas di seluruh kawasan ASEAN. Konsep perdagangan bebas ini antara lain meliputi penghapusan atau penurunan tarif perdagangan barang sesama negara ASEAN sehingga menurunkan biaya ekonomi. Pembentukan AFTA berawal dari pertemuan anggota ASEAN pada KTT ASEAN ke-4 di Singapura pada Januari 1992.

  • APEC ( Asia Pacific Economic Cooperation Cooperation)

APEC merupakan forum kerja sama negara di kawasan Asia Pasifik untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi, perdagangan, dan investasi di antara sesama negara anggota. Keberadaan APEC atas prakarsa Bob Hawke (perdana menteri Australia). Tujuan dari APEC tertuang dalam Deklarasi Bogor pada tahun 1994, yaitu menetapkan kawasan APEC sebagai kawasan perdagangan dan investasi bebas dan terbuka yang berlaku paling lambat tahun 2020.

  • EU ( European Union Union)

European Union atau Uni Eropa adalah organisasi kerja sama regional di bidang ekonomi dan politik negara di Eropa. Pembentukan EU berawal dari penandatanganan Traktat Roma tentang pendirian komunitas energi atom (European Atomic Energi Community) dan komunitas Masyarakat Ekonomi Eropa (MEE).

  • EFTA ( European Free Trade Area Area)

EFTA didirikan pada tahun 1959 sebagai lembaga kerja sama ekonomi antara negara-negara Eropa yang tidak termasuk MEE. Negara anggota EFTA terdiri atas Austria, Swiss, Denmark, Norwegia, Swedia, dan Portugal.
ADB ( Asian Development Bank Bank)
ADB atau Bank Pembangunan Asia, didirikan tanggal 19 Desember 1966. ADB berpusat di Manila, Filipina. Tujuan didirikan ADB adalah untuk membantu negara-negara Asia yang sedang membangun dengan cara memberikan pinjaman lunak, yaitu dengan masa pembayaran dalam jangka panjang serta bunga yang rendah.

B. Berdasarkan Keterbukaan

  • PBB (Persatuan Bangsa-Bangsa)

C. Berdasarkan Objeknya

  • IMF (International Monetary Fund)
IMF atau Dana Moneter Internasional adalah lembaga keuangan internasional yang didirikan untuk menciptakan stabilitas sistem keuangan internasional. IMF didirikan pada tanggal 27 Desember 1945. Markas besar IMF berada di Washington DC, AS.
  • IBRD ( International Bank for Reconstruction and Development )
IBRD disebut juga World Bank atau Bank Dunia. IBRD merupakan organisasi pemberi kredit kepada negara-negara anggota untuk tujuan pembangunan. IBRD didirikan pada tanggal 27 Desember 1947 dan berkedudukan di Washington DC, Amerika Serikat. IBRD berusaha mengumpulkan dana dari para anggota untuk dipinjamkan kepada para anggota yang memerlukan dana untuk pembangunan.Pinjaman yang dibiayai oleh IBRD hanya ditujukan untuk proyekproyek yang positif.
  • WTO ( World Trade Organization )
WTO atau organisasi perdagangan dunia adalah organisasi internasional yang bertugas untuk menata dan memfasilitasi lalu lintas perdagangan antarnegara serta mengatasi perselisihan perdagangan antarnegara. WTO dibentuk pada tahun 1995 sebagai pengganti dari General Agreement on Tariff and Trade (GATT). GATT me-rupakan persetujuan umum tentang tarif dan perdagangan yang dibentuk tahun 1947.
  • FAO ( Food and Agricultural Organization Organization)
FAO adalah organisasi internasional yang bergerak di bidang pangan dan pertanian. FAO didirikan tanggal 16 Oktober 1945 dan berkedudukan di Roma, Italia. Tujuan didirikannya FAO untuk meningkatkan jumlah dan mutu pangan serta menyelenggarakan persediaan bahan makanan dan produksi agraris internasional. Indonesia sebagai anggota FAO pernah menerima penghargaan atas keberhasilannya dalam meningkatkan produksi beras.
  • IFC ( International Finance Corporation Corporation)
IFC merupakan bagian dari Bank Dunia. IFC bertugas memberikan bantuan modal kepada pengusaha-pengusaha swasta yang dijamin pemerintahannya serta membantu menyalurkan investasi luar negeri ke negara-negara sedang berkembang. IFC berdiri pada tanggal 24 Juli 1956 dan pusatnya di Washington, Amerika Serikat.
  • ILO ( International Labour Organization Organization)
ILO atau Organisasi Perburuhan Internasional yang bertugas mempromosikan keadilan sosial serta hak buruh. ILO dibentuk oleh Liga Bangsa-Bangsa Melalui Traktat Versailes (Treaty of Versailles) pada tahun 1919. Prinsip yang digunakan ILO sebagai dasar kegiatannya adalah perdamaian abadi dapat dicapai jika didasarkan pada keadilan sosial.
  • UNDP ( United Nations Development Program )
UNDP adalah organisasi di bawah PBB yang bertugas memberikan sumbangan untuk membiayai program-program pembangunan terutama bagi negara-negara yang sedang berkembang. UNDP dibentuk pada bulan November 1965.
  • UNIDO ( United Nations Industrial Development Organization Organization)
UNIDO merupakan organisasi pembangunan PBB yang bertujuan untuk memajukan perkembangan industri di negara-negara berkembang yaitu dengan memberikan bantuan teknis, program latihan, penelitian, dan penyediaan informasi. UNIDO didirikan pada tanggal 24 Juli 1967. UNIDO berkedudukan di Wina, Austria. Selain organisasi-organisasi ekonomi di atas terdapat pula organisasi internasional lainnya yang berkaitan dengan bidang ekonomi. Akan tetapi organisasi tersebut tidak berada di bawah naungan PBB.
  •   OPEC ( Organization of Petroleum Exporting Countries)
OPEC adalah organisasi negara-negara pengekspor minyak. OPEC didirikan atas prakarsa lima negara produsen terbesar minyak dunia, yaitu Iran, Irak, Kuwait, Arab Saudi, dan Venezuela, pada pertemuan tanggal 14 September 1960 di Baghdad, Irak. OPEC berkedudukan di Wina, Austria.
  • OECD ( Organization for Economic Cooperation and Development Development)
OECD merupakan organisasi yang bergerak di bidang kerja sama ekonomi dan pembangunan. OECD didirikan pada tahun 1961. Tujuan OECD adalah membentuk kerja sama ekonomi antarnegara anggota. Anggota OECD antara lain Amerika Serikat, Autralia, Austria, Kanada, Jepang, Meksiko, Denmark, Italia, Prancis, Jerman, Belanda, Spanyol, Norwegia, Swedia, Swiss, Turki, Slowakia, Polandia, Selandia Baru, Inggris, Luksemburg, Irlandia, Ceko, Portugal, Belgia, Korea Selatan, Finlandia, Hongaria, dan Yunani.

Temukan latar belakang dan tujuan dari :

  1. ASEAN
  2. Konferensi Asia – Afrika
  3. PBB

Jawab :

ASEAN

  • Latar belakang

Persamaan nasib sebagai negara yang pernah mengalami penjajahan menimbulkan perasaan setia kawan yang kuat dikalangan bangsa-bangsa Asia Tenggara.

  • Tujuan
  1. Mempercepat pertumbuhan ekonomi, kemajuan sosial serta pengembangan kebudayaan di kawasan Asia Tenggara melalui usaha bersama dalam semangat kesamaan dan persahabatan.
  2. Meningkatkan perdamaian dan stabilitas regional dengan jalan menghormati keadilan dan tertib hukum dalam hubungan antara negara di Kawasan Asia Tenggara.
  3. Meningkatkan kerjasama yang aktif serta saling membantu satu sama lain dalam masalah-masalah kepentingan bersama di bidang sosial, ekonomi, budaya, teknik dan pendidikan.
  4.  Meningkatkan industri, pertanian, perdagangan komoditas internasional, serta perbaikan sarana transportasi dan komunikasi dengan bekerja sama secara aktif.
  5. Meningkatkan studi tentang Asia Tenggara.
  6. Memelihara kerjasama yang erat dengan Organisasi-organisasi internasional dan regional.

Konferensi Asia – Afrika

  • Latar Belakang

Berdasarkan pengalaman Indonesia dalam merintis, merebut dan mempertahankan kemerdekaan, maka terasa betapa pentingnya kesetiakawanan dan dukungan bangsa-bangsa yang pernah atau masih dijajah oleh kekuatan asing. Dan sebagianbesar negara-negara tersebut berada di wilayah Asia dan Afrika. Maka timbul prakarsa untuk mengadakan pertemuan guna mengadakan tukar pikiran tentang kerjasama, khusunya mengenai pokok-pokok yang menyangkut kepentingan bersama.

  • Tujuan

Untuk memprotes tindakan Belanda dan mendukung sepenuhnya perjuangan bangsa Indonesia dan untuk membantu negara-negara yang masih dijajah untuk merdeka.

PBB ( Perserikatan Bangsa Bangsa)

  • Latar Belakang

Karena terjadinya perang dunia sehingga dibentuklah PBB menggantikan Liga Bangsa- Bangsa yang dinilai gagal menjalankan tugasnya menjaga perdamaian internasional dengan meletusnya perang dunia ke-2. PBB dibentuk untuk menciptakan situasi yang aman dan dapat encegah terjadinya perang dan mengupayakan perdamaian dunia.

  • Tujuan
  1. Memelihara perdamaian dan kemanan Internasional
  2. Mengembangkan hubungan-hubungan persaudaraan dalam memecah masalah usaha Internasional dalam bidang ekonomi, sosial budaya dan hak asasi manusia.
  3. Menjadikan PBB sebagai pusat usaha dalam mewujudkan tujuan bersama dan cita-cita bersama.

Tuliskan Badan Utama PBB dan Badan tambahannya beserta tugasnya !

Badan Utama

  • Dewan Keamanan (Security Council)

Tugasnya :

  1. Untuk memelihara perdamaian dan keamana Internasional.
  2. Menyelesaikan perselisihan Internasional secara damai.
  3. Memilih hakim-hakim Mahkamah Internasional.
  4. Mengawasi wilayah-wilayah sengketa.
  5. Mengadakan tindakan pencegahan atau paksaan dalam memelihara perdamaian dan keamanan.
  • Majelis Umum (General Assembly)

Tugasnya :

  1. Membicarakan persoalan-persoalan yang tercantum dalam PBB
  2. Membicarakan segala sesuatu yang berkaitan dengan perdamaian dan keamanan dunia.
  3. Memilih anggota-anggota Dewan Ekonomi sosial, menerima anggota baru dan mengangkat sekretaris jenderal yang mengepalai sekretariat.
  4. Menetapkan anggaran belanja PBB
  5. Memiliki wewenang mengadakan perubahan terhadap pasal-pasal piagam PBB.
  • Dewan Perwalian (Trusteeship Council)

Tugasnya :

  1. Untuk mengawasi an menyelidiki daerah perwalian dan apabila perlu bekerja sama dengan Dewan Ekonomi dan Sosial.
  • Mahkamah Internasional ( International Court of Justice)

Tugasnya :

  1. Mengadili perselisihan-perselisihan atau persengketaan antar negara-negara anggota PBB yang persoalannya diajukan oleh negata yang berselisih.
  2. Memberikan pendapat kepada Majlis Umum PBB tentang penyelesaian  sengketa antar negara-negara anggota PBB.
  3. Mendesak Dewan Keamanan PBB untuk mengambil tindakan terhadap pihak yang tidak menghiraukan keputusan Mahkamah Internasional.
  • Sekretariat ( Secretariate)

Tugasnya :

  1. Bertanggung jawan dalam mempublikasikan berbagai perjanjian dan traktat Internasional yang telah dibuat PBB.
  2. Sebagai kepala administratif.
  3. Membuat laporan tahunan dan tiap-tiap laporan tambahan.
  • Dewan ekonomi dan Sosial ( Economic and Socal Council)

Tugasnya :

  1. Untuk membuat studi dan laporan mengenai aspek dari segi-segi ekonomi, sosial, kebudayaan, pendidikan, kesehatan Internasional dan hal-hal yang bersangkutan dengan masalah tersebut.

Badan tambahan

  1. UNESCO (united Nations Educaton Scientific and Cultural Organization)
    Tugasnya : memajukan kerjasama antar bangsa melalui bidang pendidikan, ilmu pengetahuan, dan kebudayaan dalam rangka penegakan hukum, penegakan hak asasi manusia dan penegakan keadilan.
  2. UNICEF ( United Nations International Childrens Emergency Fund)
    Tugasnya : memberikan bantuan dalam rangka menyejahterakan ibu dan anak.
  3. WHO ( World Health Organization)
    Tugasnya meningkatkan kesehatan bagi semua orang.
  4. FAO ( Food and Agricultural Organization)
    Tugasnya meningkatkan efisiensi dan distribusi makanan dan hasil-hasil pertanian ke berbagai pelosok dunia.
  5. ILO ( International Labour Organization)
    Tugasnya memperbaiki taraf hidup dan aturan perburuhan.
  6. IMF (International Monetary Fund)
    tugasnya memajukan kerjasama di bisang ekonomi, keuangan dan perdagangan sehingga memperluas kesempatan kerja.
  7. UNDP ( United Nations Development Programme)
    Tugasnya memberikan bantuan, terutama untuk meningkatkan pembangunan negara-negara berkembang.
  8. UNHCR (United Nations High Comissioner for Refugees)
    Tugasnya melindungi hak-hak pengungsi di seluruh dunia.
  9. Ada lembaga lainnya seperti IMCO( Intergovernmental Maritime Consultative Organization), WMO (World Merteriogical Organization), ITU (International Telecomunication Uniob), dan IBRD (International Bank for Reconstructon and development), dll.

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s